Home » , » Remote control via GPRS / GSM SMS (Arduino)

Remote control via GPRS / GSM SMS (Arduino)





Ketika saya masih kecil, saya selalu gambar yang saya memiliki peralatan yang dapat mengendalikan semua peralatan rumah. Sekarang, ini menjadi kenyataan, dengan Arduino dan GPRS modul dan beberapa modul terkait lainnya. Dan, itu juga cukup mudah, bahkan untuk pemula. Di sini saya akan memulai langkah demi langkah untuk menunjukkan cara remote control peralatan rumah Anda melalui GPRS / GSM SMS dan relay. Pada awalnya, saya memberikan pengantar singkat tentang relay untuk Anda. Relay digunakan di mana perlu untuk mengendalikan sirkuit oleh sinyal daya rendah (dengan isolasi listrik lengkap antara kontrol dan sirkuit dikontrol). Ini bertindak sebagai "tegangan rendah dikendalikan saklar untuk mengontrol tegangan tinggi", Sebagai contoh, jika Anda ingin mengontrol kekuatan mesin cuci atau udara Anda conditioner, yang oftern110v atau 220v, dengan microchip seperti AVR atau PIC, perlu dan aman untuk membuat kontrol microchip Anda relay pertama, dan kemudian mengontrol catu daya dari perangkat mereka dengan relay. Dengan SMS GSM, adalah mungkin untuk mengontrol relay jarak jauh. Anda dapat mengirimkan pesan melalui telepon untuk mengontrol relay pada & off. Dengan ini, maka akan mudah untuk mengontrol perangkat apapun tanpa kabel, terutama membantu irigasi, rumah pintar, outdoor remote control dll Jadi, mari kita membuat suatu "SMS dikendalikan Relay" dengan Arduino, GPRS / GSM dan modul Relay. 

Langkah 1: Siapkan alat dan bagian


Pilih modul yang Anda butuhkan, sebuah Xduino, GPRS / GSM modul dan modul relay sangat penting. GPRS / GSM dan estafet di "Shield" akan lebih nyaman jika bekerja dengan Arduino: 
Modul I digunakan dalam aplikasi ini adalah sebagai berikut: Crowduino GPRS / GSM Perisai Relay Perisai Perhatikan bahwa Rated Current relay Apakah penting, pastikan memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu mungkin berbahaya. Di sini, saya menggunakan relay arus 2A, yang cukup untuk aplikasi mengontrol lampu. Biasanya, peralatan rumah mengkonsumsi arus seperti di bawah Perangkat Max saat ini (A) Listrik Fan 1 Lampu 2 TV 2 Lemari 2 Microwave Oven 8 Air Conditioner Tergantung pada kekuatan, Anda akan membutuhkan beberapa alat, seperti pita isolasi , Gunting...

Langkah 2: Masukkan kartu SIM ke perisai GPRS


Modul GPRS perlu kartu SIM untuk bekerja, sama seperti telepon. Masukkan kartu SIM ke soket SIM, pastikan SIM terkunci (yaitu, ia bekerja di telepon). Mencatat jumlah kartu SIM, akan digunakan dalam pemrograman untuk Arduino.

Langkah 3: Berkomunikasi dengan Crowduino / Arduino dengan hardware serial


Ada dua metode untuk GPRS / GSM Shield untuk berkomunikasi dengan controler mikro, salah satu adalah melalui port serial perangkat lunak, yang lain adalah hardware port serial. Saya akan menunjukkan metode kedua,: berkomunikasi dengan Crowduino / Arduino oleh hardware port serial. 
Ada tiga pin 2 * 3 pin di perisai GPRS. Anda dapat melihat tanda sutra di kedua sisi pin, satu sisi adalah Xduino (ini terhubung ke port serial hardware), dan sisi lain adalah SW serial (sisi ini digunakan sebagai port serial software). Sama seperti gambar, pasang topi jumper ke sisi Xduino.

Langkah 4: Upload program.

Seperti pemrograman, Anda akan memerlukan Arduino IDE untuk mengkompilasi dan download program untuk Arduino. 
Ambil kode: Using_SMS_to_Control_Relay_Hardware Serial.ino Sebelum kompilasi, silakan Buka file: SoftwareSerial.h di Arduino \ perpustakaan \ SoftwareSerial, dan memodifikasi # mendefinisikan _SS_MAX_RX_BUFF ukuran 64 // RX penyangga Untuk # define _SS_MAX_RX_BUFF 128 // RX ukuran buffer Dengan modifikasi ini, Arduino akan memiliki lebih penyangga untuk pesan yang diterima untuk menghindari bug komunikasi. Jika Anda tidak punya siap untuk memahami rincian, Anda hanya dapat menyalin kode ke dalam Arduino IDE dan turun ke Arduino untuk melanjutkan. Kemudian, buka file ini dengan Arduin IDE. Upload program ke Crowduino, harap dicatat bahwa tidak menghubungkan perisai GPRS untuk Crowduino ketika meng-upload program, sangat penting !!!!

Langkah 5: Plug Relay + GPRS Shields ke Crowduino


Pasang perisai Anda ke Crowduino, Anda dapat menempatkan GPRS Perisai di atas atau meletakkan Relay Perisai di atas. Di sini, karena kita perlu operasi Relay Perisai kemudian, jadi aku meletakkan Relay Perisai di atas.

Langkah 6: Memiliki Cobalah: Kontrol perisai Relay secara manual.


Sekarang, perangkat keras telah terhubung, program telah di-upload, kita bisa memiliki mencoba dari Relay Shield, Relay Perisai ini sangat menarik! Ada 4 relay Independen pada perisai relay, masing-masing dapat dikontrol oleh Arduino atau manual. Juga, ada 4 LED untuk menunjukkan pengguna keadaan kerja relay.

Langkah 7: Memiliki tes untuk kontrol manual


Sebelum remote control lampu, kita dapat membuat tes. Di sini, kita perlu papan breadboard, LED, dua baterai AA dan beberapa kabel papan breadboard. Colokkan kabel anoda (yang merah) dari catu daya ke anoda dari LED melalui breadboard, menggunakan metode yang sama, pasang kawat breadboard untuk jumper katoda dari LED. Sepertinya kita hanya perlu satu relay di sini, kita menggunakan U3 relay, yang dikendalikan oleh Arduino pin5 Ada 3 terminal untuk U3 estafet: COM3, Nc3 dan NO3. The COM3 adalah pelabuhan umum, sedangkan "NO" berarti "Biasanya Terbuka" dan NC berarti "Biasanya Connected". Itu untuk mengatakan, logika antara 3 terminal ini adalah: Ketika relay tidak aktif: COM3 terhubung ke Nc3 dan terputus untuk NO3; Ketika relay aktif: COM3 terputus untuk Nc3, dan terhubung ke NO3; Insert kawat katoda (hitam satu) dari power supply ke NO3, masukkan kawat katoda (oranye) dari LED untuk COM3 dan mengencangkan terminal dengan obeng. Sekarang, Anda dapat mengontrol LED atau mematikan melalui tombol 3, ini lucu, hah ...

Langkah 8: Mengontrol LED via SMS.






Saatnya untuk mengambil ponsel Anda, (pastikan perisai Gprs / Gsm Anda pada) mengirim teks "ONB" untuk jumlah kartu SIM dalam modul GPRS, relay akan berada di LED ! Ini diperlukan untuk menjelaskan program ini, jika Anda merasa itu membosankan atau terlalu sederhana, hanya melewatkan paragraf berikut dan ingat ada 4 relay: U1, U2, U3, U4 masing-masing sesuai dengan d, c, b, a, jika Anda ingin mengontrol U1 on atau off, Anda dapat mengirim 'ond' atau 'offd' untuk jumlah kartu SIM dalam modul GPRS, U1 estafet akan on atau off. Jika Anda ingin mengontrol beberapa relay dalam satu SMS, hanya mengirim perintah kontrol dalam satu SMS. Sebagai contoh, jika saya ingin mengontrol U1, U2, U3 dan U4 off, mengirim 'ond onc ONB Offa' akan mencapai tujuan ini. Di sini, saya menggunakan U3 untuk mengontrol LED, jadi setelah saya mengirim 'ONB', U3 estafet akan berada di, dan LED pada! Ada beberapa fungsi penting yang perlu Anda pelajari jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang gprs menghindar: kekosongan ProcessGprsMsg () Fungsi: mengolah data Arduino dapatkan dari perisai GPRS. 

Jika ada string "+ CMGR:" dalam data yang diterima, theArduino akan mengenal: "Saya telah menerima pesan singkat, saya perlu menganalisis pesan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya!" Parameter: noneKembali: none; kekosongan ProcessSms (String sms) Fungsi: Arduino analyze pesan singkat yang diterima. Sebagai menerima string: "ona", itu akan menarik pin terkait dengan aktif relay, membuat terminal COM4 terhubung No4; sementara menerima string "Offa", itu akan pull down pin untuk membuat COM4 dan No4 terputus. Parameter: pesan yang diterima; Kembali: none Dalam program ini, setelah Arduino menerima perintah "Offa", yang berarti "dari a "itu akan menarik mendownload pin4 Arduno, yang mengubah U4 relay dari aktif ke keadaan aktif. Anda akan mendengar beberapa suara seperti "bang..bang", dan juga LED akan berkedip.

Langkah 9: Hubungkan lampu untuk perisai Relay.



Akhirnya untuk peran utama lainnya bermain, apakah Anda masih ingat lampu di awal? Langkah ini saya akan menunjukkan cara untuk 'mencoba' lampu ini bagus. Potong kawat listrik dari lampu, dan memasukkan satu ujung ke COM3, mengencangkan terminal dengan obeng, dan ujung lainnya untuk NO3 dengan metode yang sama. Pastikan Crowduino dan Shields yang terhubung ke listrik dan program ini berjalan normal. Berikan kekuatan untuk lampu, mendorong saklar lampu untuk di, dan tinggal jauh dari itu ...

Langkah 10: Kontrol lampu via SMS




Semuanya ok, Mengambil telepon Anda lagi, mengirim teks "ONB" untuk jumlah kartu SIM dalam modul GPRS. Lampu itu akhirnya menyala, Anda dapat mengontrol semua perangkat yang ingin melalui metode ini. dan, Anda bahkan dapat mengontrol 4 relay secara bersamaan untuk mengontrol 4 perangkat dengan memodifikasi program di Arduino. Tapi sekali lagi, Perhatikan Potensi bahaya terutama untuk tegangan tinggi dan decice arus besar. Semoga berhasil…

2 komentar:

  1. Bro, untuk jarak yg sangat jauh bisa?? Dengan comand ama ini??
    Slain on off apa saja yg bisa di kembangkan?

    ReplyDelete

close